Iklan

Iklan

35 Orang Diduga Kontak dengan Pasien 01, LSM Rorano: Wajib Diisolasi

Selasa, 24 Maret 2020, Maret 24, 2020 WIB
TERNATE, Koridor Malut - Terungkapnya kasus positif terjangkit virus corona terhadap pasien 01 yang dirawat di RSUD Chasan Boeoeirie, Ternate, memunculkan fakta baru terkait kontak langsung antara pasien tersebut dengan sejumlah orang. Dan dari catatan yang ada, sedikitnya 35 orang diduga sudah menjalin kontak dengan pasien saat masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Untuk itulah LSM Rorano Maluku Utara, mendesak pemerintah daerah maupun tim Gugus Tugas agar segera mengambil langkah-langkah taktis dengan mengisolasi orang yang sempat menjalin hubungan dengan pasien.

Menurutnya, dari data yang diperoleh, orang-orang yang telah melakukan kontak langsung dengan pasien tersebut yakni, 18 orang tenaga medis di ruang paru Chasan Boeoeirie, Ternate, 4 orang di ruang UGD, 4 orang di ruang poli penyakit dalam, 1 orang di ruang rontgeng serta 6 orang di Rumah Sakit Tentara (RST) Ternate dan 2 lagi merupakan petugas salah satu bank swasta.

"Isolasi harus dilakukan di rumah sakit, bukan secara mandiri di rumah. Tujuannya agar mereka yang telah kontak langsung dapat diselamatkan. Kami melihat pengalaman secara nasional, ada beberapa dokter dan tim medis yang melakukan kontak langsung dengan pasien, ikut terjangkit dan akhirnya meinggal dunia. Padahal mereka itu sudah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai SOP," kata Ketua LSM Rorano Malut, Asghar Saleh kepada sejumlah wartawan, Selasa (24/03).

Belum lagi, keberadaan pasien 01 yang sudah beberapa hari tinggal di lingkungan padat penduduk, Kelurahan Makassar Timur. Sehingga tidak menutup kemungkinan, kontak langsung antara pasien dengan warga juga sudah terjadi. Apalagi lanjut Asghar, pasien sendiri mengaku sudah sempat pergi ke pasar.

"Isolasi selama 14 hari penting sebagai langkah antisipasi agar virus tidak menyebar. Tugas Gubernur dan Walikota Ternate adalah menyiapkan lokasi yang layak sebagai tempat isolasi, mengingat tempat di RSUD Chasan Boisoeirie jumlahnya sangat terbatas. Beberapa lokasi seperti asrama haji, gedung bekas RS Dharma Ibu, bisa menjadi pilihan. Di poin ini saya minta pemerintah untuk segera bertindak cepat, jangan nanti menunggu ada korban berjatuhan baru mulai berpikir," tegasnya. (red)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 35 Orang Diduga Kontak dengan Pasien 01, LSM Rorano: Wajib Diisolasi

Terkini

Topik Populer

Iklan