Iklan

Iklan

Diduga Korupsi Dana Desa, Kades Lata-Lata Diadukan ke Kejati

Kamis, 02 Juli 2020, Juli 02, 2020 WIB
Warga memperlihatkan dokumen dugaan korudpsi Kades Lata-Lata ke penyidik Kejati Malut
TERNATE, Koridor Malut - Kades Lata-Lata, Kecamatan Kasiruta Barat, Halmahera Selatan, Abdul Malik Gama, bakal segera berhadapan dengan proses hukum. Pasalnya sejumlah warga dari desa tersebut, sudah mengadukan yang bersangkutan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Malut, Jumat (03/07) pagi. Pengaduan dilakukan karena Kades Lata-Lata diduga telah melakukan tindak pidana korupsi Dana Desa tahun 2016 hingga 2019, serta dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2020.

Salah satu pelapor, Arnold Faiti, kepada wartawan mengatakan, dugaan sementara dana yang dikorupsi mencapai Rp 3 miliar lebih, diantaranya tiga item di tahun 2016, tujuh item di tahun 2017, dan delapan item yang tidak dilaksanakan namun ada di laporan pertanggungjawaban tahun 2018.

"Semua datanya sudah diserahkan ke penyidik Kejaksaan Tinggi, tinggal menunggu tindaklanjutnya. Kami mohon dukungan dari teman-teman wartawan, LSM untuk sama mengawal proses penegakan hukum terhadap kasus Kades Lata-Lata ini," jelasnya.

Sementara itu, Kasie Penkum Kejati Malut, Richard Singa, kepada wartawan mengeakui adanya pengaduan dari beberapa masyarakan Desa Lata-Lata. Selanjutnya aduan itu akan disampaikan ke pimpinan untuk dilakukan disposisi proses kelanjutannya.

"Sementara ini, data yang suda diterima tidak dicantumkan berapa jumlah keseluruhan yang diduga masuk kantong Kades Lata-Lata. Nanti akan didalami oleh penyidik," jawabnya. (ema)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diduga Korupsi Dana Desa, Kades Lata-Lata Diadukan ke Kejati

Terkini

Topik Populer

Iklan