Iklan

Iklan

GPM Kawal Audit Desa Rabudaio

Senin, 13 Juli 2020, Juli 13, 2020 WIB
Pemeriksaan pekerjaan fisik oleh tim audit Inspektorat Halsel di Desa Rabudaio
HALSEL, Koridor Malut - Gerakan Pemuda Marhaenis (GMP) Provinsi Maluku Utara, mengawal proses audit Dana Desa (DD) di Desa Rabudaio, Kecamatan Pulau Makian, Halmahera Selatan, yang dilakukan Inspektorat Halsel, Senin (13/07). Audit dilakukan atas desakan dan laporan GMP atas dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan Kades Rabuddaiyo, Abdurahman Walanda.

Saat akan melakukan pengawasan audit, sempat terjadi adu mulut antara GPM dengan Kades Rabuddaiyo, Abdurahman Walanda, karena GMP dianggap tidak punya hak untuk ikut campur dalam pengawasan baik fisik maupun nonfisik, karena bukan bagian dari masyarakat Rabuddaiyo.

"Ngoni bukan orang sini. Bikiapa ngini iko campur di torang pe desa. Ngoni datang kamari sebelumnya tara ada surat pemberitahuan di Camat dan RT," ungkap Kades.

Namun gesekan tersebut berhasil didamaikan Tim Inspektorat, dan GMP dibolehkan ikut mengawal dengan mengirim dua orang utusan saja. Ketua PAC GPM Pulau Makian, Ridwan R. Sarian mengatakan, pihaknya diperintahkan oleh Kepala Inspektorat untuk turun dan ikut serta dalam pengawalan audit karena masih dalam wilayah institusi GPM.

Dari hasil pemeriksaan nonfisik ditemukan kejanggalan dalam empat item, diantaranya biaya perjalanan dinas BPD, BUMdes dan penggunaan uang pemuda. Sementara untuk pemeriksaan fisik, penggunaan anggaran belum bisa disampaikan karena harus menunggu perhitungan di kabupaten untuk seluruh pemeriksaan di 15 desa.

"Setelah ada perhitungan di tingkat kabupaten, hasilnya akan diumumkan," kata Ketua Tim pemeriksa, Sulastri Akama.

Sementara itu, Sekretaris DPD GPM Malut, Yuslan Gani menyatakan, secara institusi GPM meminta agar tim audit dari Inspektorat Halsel, harus serius, karena sudah jelas terdapat kejanggalan pembangunan, berupa kurangnya volume pekerjaan. Apalagi, hasil kejanggalan itu sudah masyarakat setempat.

"DPD GMP akan mengawal permasalahan ini, termasuk persoalan di desa-desa lainnya di di wilayah Provinsi maluku Utara sebagi salah satu tanggung jawab kita sebagai warga negara yang baik," katanya. (ema)


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • GPM Kawal Audit Desa Rabudaio

Terkini

Topik Populer

Iklan