Iklan

Iklan

Langgar Protokol Kesehatan, Bawaslu Warning Bapaslon

Kamis, 10 September 2020, September 10, 2020 WIB
Rusly Saraha
TERNATE, Koridor Malut - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate me-warning sejumlah bakal pasangan calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Ternate, yang melanggar protokol kesehatan saat mendaftar di KPU Ternate, pada 4 hingga 6 September lalu. Untuk itu saat penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut, Bawaslu akan lebih tegas lagi memberikan teguran kepada para bapaslon yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kota Ternate, Rusly Saraha, ketika diwawancara, Kamis (10/09) mengatakan, pengetatan penerapan protokol kesehatan sangat penting dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Ternate. Oleh itu Bawaslu meminta tidak ada lagi pengerahan massa oleh bakal calon manapun.

"Kami akan pertegas lagi," katanya.

Sementara itu Koordintaor Divisi (Kordiv) Teknis KPU Ternate, Kuad Suwarno mengatakan, dalam proses pendaftara calon di KPU, pihaknya telah menerapkan  protokol kesehatan termasuk dengan kewajiban memakai masker dan membatasi jumlah orang yang akan masuk ke kantor KPU.

"Kami justru sudah menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, dan ini berlaku tidak hanya pasangan calon, tapi juga bagi partai pengusung yang datang ke KPU," jelasnya.

Kuad menambahkan, meskipun PKPU nomor 10 tahun 2020 sudah mengatur tentang protokol kesehatan, namun KPU tidak punya kewenangan mengatur pengerahan massa di luar, sepanjang yang bersangkutan belum ditetapkan sebagai calon walikota maupun wakil walikota Ternate. (alf)




Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Langgar Protokol Kesehatan, Bawaslu Warning Bapaslon

Terkini

Topik Populer

Iklan